"BERBAGAI MACAM SERTIFIKAT YANG WAJIB DI MILIKI PELAUT"
Saat ini untuk menjadi pelaut, seseorang harus memiliki ijazah-ijazah
yang diperlukan, hal ini menyebabkan tumbuhnya sekolah-sekolah pelayaran
mulai dari tingkat SLTA sampai ke perguruan tinggi. Yang mana dengan
Tingkatan sebagai berikut :
lulusan SLTP dapat melanjutkan ke Sekolah Kejuruan Pelayaran (Setarap SLTA) dengan Sistim Pendidikan 3 Tahun Belajar teori 1 tahun Praktek Berlayar (PROLA) yang mana lulusan dari SKP ini mendapatkan IJasah setara SLTA dan ANT
Ijazah Pelaut
Ijazah bagi pelaut (perwira) di Indonesia terbagi atas ijazah dek dan ijazah mesin.
Ijazah Dek
Ijazah Dek dari yang tertinggi adalah:
Ahli Nautika Tingkat I (ANT I) ; dulu Pelayaran Besar I (PB I), dapat menjabat Nakhoda kapal dengan tak terbatas berat kapal dan alur pelayaran
Ahli Nautika Tingkat II (ANT II) ; dulu Pelayaran Besar II (PB II), dapat menjabat:
Mualim I/Chief Officer tak terbatas berat kapal dan pelayaran;
Nakhoda/Master pada kapal kurang dari 5000 ton dengan pelayaran tak terbatas
Nakhoda/Master kapal kurang dari 7500 ton daerah pantai dan harus pengalaman sebagai Mualim I selama 2 tahun
Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) ; dulu Pelayaran Besar III (PB III), dapat menjabat: Mualim I/Chief Officer max 3000 DWT
Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) ; dulu Mualim Pelayaran Intersuler (MPI): Perwira kapal-kapal antar pulau
Ahli Nautika Tingkat V (ANT V) ; dulu Mualim Pelayaran Terbatas (MPT): Perwira kapal-kapal kecil antar pulau
Ahli Nautika Tingkat Dasar (ANT D)
Ijazah Mesin
Ijazah Mesin dari yang tertinggi adalah:
Ahli Teknik Tingkat I (ATT I) ; dulu Ahli Mesin Kapal C (AMK C): Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer kapal tak terbatas
Ahli Teknik Tingkat II (ATT II) ; dulu Ahli Mesin Kapal B (AMK B), dapat menjabat:
Masinis I/Second Engineer kapal tak terbatas
Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin tak terbatas, pelayaran daerah pantai
Ahli Teknik Tingkat III (ATT III) ; dulu Ahli mesin Kapal A (AMK A), dapat menjabat:
Perwira Jaga (tak terbatas)
Masinis I/Second Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW daerah pantai harus pengalaman 2 tahun sebagai Masinis I
Ahli Teknik Tingkat IV (ATT IV) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Intersuler (AMKPI): Masinis kapal-kapal antar pulau
Ahli Teknik Tingkat V (ATT V) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Terbatas (AMKPT): Masinis Kapal-kapal kecil antar pulau
Ahli Teknik Tingkat Dasar (ATT D)
Sertifikat ketrampilan
Sertifikat ketrampilan ini merupakan sertifikat yang wajib dimiliki oleh para pelaut di samping sertifikat formal di atas. Diantaranya adalah:
Basic Safety Training (BST)/Pelatihan Keselamatan Dasar
Advanced Fire Fighting (AFF)
Survival Craft & Rescue Boats (SCRB)
Medical First Aid (MFA)
Medical Care (MC)
Tanker Familiarization (TF)
Oil Tanker Training (OT)
Chemical Tanker Training (CTT)
Liquified Gas Tanker Training (LGT)
Radar Simulator (RS)
ARPA Simulator (AS)
Operator Radio Umum (ORU) / GMDSS[4]
lulusan SLTP dapat melanjutkan ke Sekolah Kejuruan Pelayaran (Setarap SLTA) dengan Sistim Pendidikan 3 Tahun Belajar teori 1 tahun Praktek Berlayar (PROLA) yang mana lulusan dari SKP ini mendapatkan IJasah setara SLTA dan ANT
Ijazah Pelaut
Ijazah bagi pelaut (perwira) di Indonesia terbagi atas ijazah dek dan ijazah mesin.
Ijazah Dek
Ijazah Dek dari yang tertinggi adalah:
Ahli Nautika Tingkat I (ANT I) ; dulu Pelayaran Besar I (PB I), dapat menjabat Nakhoda kapal dengan tak terbatas berat kapal dan alur pelayaran
Ahli Nautika Tingkat II (ANT II) ; dulu Pelayaran Besar II (PB II), dapat menjabat:
Mualim I/Chief Officer tak terbatas berat kapal dan pelayaran;
Nakhoda/Master pada kapal kurang dari 5000 ton dengan pelayaran tak terbatas
Nakhoda/Master kapal kurang dari 7500 ton daerah pantai dan harus pengalaman sebagai Mualim I selama 2 tahun
Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) ; dulu Pelayaran Besar III (PB III), dapat menjabat: Mualim I/Chief Officer max 3000 DWT
Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) ; dulu Mualim Pelayaran Intersuler (MPI): Perwira kapal-kapal antar pulau
Ahli Nautika Tingkat V (ANT V) ; dulu Mualim Pelayaran Terbatas (MPT): Perwira kapal-kapal kecil antar pulau
Ahli Nautika Tingkat Dasar (ANT D)
Ijazah Mesin
Ijazah Mesin dari yang tertinggi adalah:
Ahli Teknik Tingkat I (ATT I) ; dulu Ahli Mesin Kapal C (AMK C): Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer kapal tak terbatas
Ahli Teknik Tingkat II (ATT II) ; dulu Ahli Mesin Kapal B (AMK B), dapat menjabat:
Masinis I/Second Engineer kapal tak terbatas
Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin tak terbatas, pelayaran daerah pantai
Ahli Teknik Tingkat III (ATT III) ; dulu Ahli mesin Kapal A (AMK A), dapat menjabat:
Perwira Jaga (tak terbatas)
Masinis I/Second Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW daerah pantai harus pengalaman 2 tahun sebagai Masinis I
Ahli Teknik Tingkat IV (ATT IV) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Intersuler (AMKPI): Masinis kapal-kapal antar pulau
Ahli Teknik Tingkat V (ATT V) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Terbatas (AMKPT): Masinis Kapal-kapal kecil antar pulau
Ahli Teknik Tingkat Dasar (ATT D)
Sertifikat ketrampilan
Sertifikat ketrampilan ini merupakan sertifikat yang wajib dimiliki oleh para pelaut di samping sertifikat formal di atas. Diantaranya adalah:
Basic Safety Training (BST)/Pelatihan Keselamatan Dasar
Advanced Fire Fighting (AFF)
Survival Craft & Rescue Boats (SCRB)
Medical First Aid (MFA)
Medical Care (MC)
Tanker Familiarization (TF)
Oil Tanker Training (OT)
Chemical Tanker Training (CTT)
Liquified Gas Tanker Training (LGT)
Radar Simulator (RS)
ARPA Simulator (AS)
Operator Radio Umum (ORU) / GMDSS[4]
CONTOH
Kalau mau jadi Perwira , kamu harus sekolah pelayaran untuk mengambil ANT 3 ( Ahli Nautika Tingkat 3 ) untuk bagian Deck dan ATT 3 (Ahli Tekhnika Tingkat 3 ) untuk bagian mesin. jadi tergantung pilihan kamu. Untuk itu semua, kamu harus menempuh pendidikan minimal 4 tahun di Sekolah Tinggi Pelayaran / Politeknik Ilmu Pelayaran / Akademi Ilmu Pelayaran.
Tempat pendidikannya :
STIP Marunda Jakarta
PIP Semarang
PIP Makassar
AMI Medan
AMI Jakarta
AMI Makassar
AMI Bitung
AMSS Padang
AMAN JAYA Jakarta
AMN Djadajat Jakarta
AMNI Semarang
AKPELNI Semarang
AIPI Makassar
Untuk urutan 1 sampai 3 itu Negeri yang lainnya swasta. Tapi pembayarannya relatif sama. Biaya Total Kurang lebih 120 Jutaan sampai selesai. Karena banyak sertifikat pelengkap. Seperti :
BST, PSCRB, AFF, TF, ARPA, MEFA, GMDSS, ORU dll. kurang lebih ada 15 sertifikat.
Untuk pendidikan yang singkat ada juga, tetapi hanya mendapatkan ijazah ANT Dasar.
Biayanya murah namun dikapal hanya menjadi bawahan. atau ABK.
SEmua Ijazah pelaut tersebut berlaku secara Internasional sehingga anda dapat bekerja dimana saja di seluruh dunia asal memenuhi kualifikasi
Bagi calon para pelaut pemula, itulah sedikit dari kami yang hanya sekedar memberi informasi yang ingin menjadi pelaut pemula, untuk ke tingkat selanjutnya memang harus di butuhkan extra sabar untuk menjadi pelaut sukses dan yang terbaik.
Hubungi kami jika ingin kejelasan langsung bagaimana menjadi pelaut.
Contact As:
Deden Riyantoro
089668215083/081286493138
Cilacap, Jawa Tengah/ Rawamangun, Jakarta Timur, belakang tempat diklat Pertamina.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus@dedenriyanto, terimakasih bro! Telah memasukkan AMI Bitung di daftar sekolah tinggi pelayaran,suatu kebanggaan bagi saya, salam korps taruna dari AMI Bitung
BalasHapusDari jurusan ips bisa masuk nautica om?
BalasHapusbisa Dari jurusan ips Hub No 083899597740
Hapusbisa Dari jurusan ips Hub No 083899597740
HapusDari jurusan ips bisa masuk nautica om?
BalasHapusTidak bisa.
HapusSetahu saya nautika hanya untuk jurusan ipa atau sma pelayaran yg dulu jurusan nautika
Tidak bisa.
HapusSetahu saya nautika hanya untuk jurusan ipa atau sma pelayaran yg dulu jurusan nautika
Syarat pelaut sma IPA
HapusBisaa ko saya juga ips cuman harus ke dp 4 nautika. Klo dp 3 itu hanya untuk ipa
HapusAkademi apa yg menerima lulusan ips untuk jurusan nautika dp 4 ?
HapusOm buat mengurus ijazah dasar berapa ya kira" dana yang di butuhkan & apa pengurusan ijazah berpengaruh dengan umur ya???
BalasHapusngambil BST aja dulu boss. +/- 20 juta. tergantung dari biaya hidupmu.
BalasHapusKalau BST,SCRB,MEFA & AFF saya sudah punya...apa harus di refalidasi boss
HapusGelo lu....BST 20 JT....
Hapusorang gila Lo BST 20 jt
HapusMasukkan balasan Anda...MEMANG gila ini orang, kgak tau, macam ap aja ngomong bgitu...
Hapus3jt aja cukup bro buat bikin bst wkwkw nyampe 20jt gilak
HapusBst paling 2 juta
Hapusdi pip semarang gratis lol, tidur dihotel gratis makan 2x gratis. 20 jt mamakkau
HapusBeli cendol 1 tongkang bolehlah 😅
HapusBST 1.5 di STIP jakarta.
Hapusngawur parah tuh minta 20jt.
Saya kepingin masuk pip semarang nah apakah tes akademiknya itu hanya tpa saja tidak ada tes fisika ,matematika ?
BalasHapusNanya lagi , kalo lulus dari sekolah dapat ant berapa ?
BalasHapusDan berapa lama sekolah untuk jadi ant 1
Dapat ant 3 om
HapusIti lngsung bsa jd prwira
Itu juga klu kerja......klu gak ya....nganggur
HapusGimna kalau dari smk nautika kapal penangkapan ikan
BalasHapusHallo
BalasHapusWe are from Indoneaian Marine Services are looking for ANT V certificate holder as freelancer Deck Officer, if you are interesting, please send your cv to crewing@indonesianmarineservices.com
Thankyou
Biasa aja bos....gak usah kebarat2 kali....bahasa indonesia napa?
HapusHallo salam pelaut
BalasHapusSaya mau nanya nih, klau dari academy ijaza ATT3 mau ambil sertifikat SDSD, bisa kah, soal nya saya dengar" dari teman SDSD hanya untuk rating "umum. Mohon di beri penjelasan brother
Hallo salam pelaut
BalasHapusSaya mau nanya nih, klau dari academy ijaza ATT3 mau ambil sertifikat SDSD, bisa kah, soal nya saya dengar" dari teman SDSD hanya untuk rating "umum. Mohon di beri penjelasan brother
Hallo mas,saya lulusan smk jurusan mesin kapal,apa bisa ikut diklat att IV.sekolah asal smk perkapalan hang tuah belawan.tamatan1999.
BalasHapusApa harus dari dasar attD
BalasHapusApa harus dari dasar attD
BalasHapusApa harus dari dasar attD
BalasHapusUrgent need
BalasHapusLowongan Captain kapal phinisi
Berpengalaman di daerah Raja ampat dan komodo
Memiliki sikap pemimpin
Percaya diri
Kirim cv ke crewing@indonesianmarineservices.com atau WA 082145319392
Kalau dari umum ambil Oru bisa gak ya ?
BalasHapus4 managemen dah ngangur 1 thn lbh... Cuman buang2 duit buat updating
BalasHapusKalo pemegang oru apa bisa ambil ke nautika?
BalasHapusSaya mau ambil sertifikat tugbout kalau bst dn buku pelaut udh ada mohon info jadwal pengambilan ny dn biaya ny hub:085364570886
BalasHapusPak mau Tanya,jika sudah ada SAT,sertifikat SDSD gak dipakaikah pak?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKalau saya dari jurusan teknik dan manajemen penangkapan ikan (psp) /(TPI) di salah satu universitas negeri. Itu kalau di kapal dimananya ya posisinya? Saya cuma punya gelar S.Pi (Sarjana Perikanan). Mohon jawabannya. ?
BalasHapusMau nanaya gan
BalasHapusKlo mw jadi markonis sertifikat apa ajha yg harus di siapkan selain ORU & GMDSS Butuh pencerahanx gan...
Mau ambil bst, aff,sat,rating kira 2 biyaya berapa ya 082116653363
BalasHapusIjin Bertanya ndan.
BalasHapusKalo mau Onboard Itu harus ada ya IMDg Code Sebagai ANT III
Trimakasih ndan
Mau tanya saya kan lulusan SMK pelayaran dan sudah memegang ijazah ant 4 operasional, nah apa bisa kah saya ambil rating terus layar dan upgrade ke able, , dlm satu kode pelaut, mohon pencerahan nya
BalasHapusdari smk tehnik komputer dan jaringan bisa ngk om
BalasHapusdari smk tehnik komputer dan jaringan bisa ngk om
BalasHapusSaya sedang menempuh kuliah teknik elektro
BalasHapusKalo misalnya saya mau ambil salah satu training keterampilan pelaut misalnya training radar apakah bisa? Apakah bisa bekerja dikapal hanya dgn memiliki ijazah S1 Teknik elektro dan sertifikat keterampilan pelaut?
Terima kasih
Saya mohon info dikapal mana saja yg sandar ditanjungperak yg bisa utk prola wanita Nautika hang Tuah,mohon pencerahannya...
BalasHapusAssalamualaikum,
BalasHapusSebelum saya numpang tanya ,kepada Admin,kira" kalau bagi pemula yang ingin mendaftar ,pakai Ijazah Paket C
Atau Sederajat ,bisa ap enggak ya??
Ngk ada sejarahnya plankton beli krabypaty ke crustycrab !
BalasHapusSaya baru ant D,
BalasHapusSaya pengalaman 2 tahun di kapal LCT,muat minyak,
Apakah saya sudah bisa ambil sertifikat Able,
Assalamualaikum pak izin bertanya saya dari smk 5 pelayaran tanjung pinang tapi lulusan mendapatkan dasar ad juga yg ambil ant/att 4 dan ad juga yg langsung kerja tapi mereka ambil retting agar dapat jabatan pak tapi saya inggin ambil ant/att 4 kata guru saya pengabilan di padang dan saya takut yg di padang itu cuman wacana jadi pertanyaan saya apakah benar yg di padang kita bisa ambil ant/att 4?
BalasHapusIjin ndan sya mau tanya apakah klo dr smk teknik mesin atau STM,bisa gk untuk membuat ijazah ATT3 dan caranya hrs gmn dlu ndan mohon penjelasan ya
BalasHapusWilaya jawa barat ada 2 akademi pelayaran
BalasHapus1.AMC
2.AKMI
Assllamuallaikum...ijin seniors saya pemula..mohon pencerahan ny..saya dari tanjung pinang..sertifikat dasar sya Blum lengkap...
BalasHapusAssalamualaikum.. kalo lulusan SMA ingin jadi ATTD gimana caranya..mks
BalasHapusOm,klo mau ngurus BST sma buku pelaut brph biayanya ??
BalasHapusKak kalau udah dapat AFF, BST, SAT, MFA untuk daftar reting bisa gak untuk jenjang smk
BalasHapus